Disdukcapil Asahan Lakukan ‘Jemput Bola’

Disdukcapil Asahan Lakukan ‘Jemput Bola’

topmetro.news Pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) memiliki peran penting dalam suatu pemerintahan dan pembangunan, demikian dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Asahan, Rahmanto MSi saat launching Adminduk, Kamis (22/12/2022).

Lebih lanjut, Rahmanto mengatakan penyelenggaraan Adminduk diarahkan sebagai wujud pemenuhan hak asasi setiap orang. Adminduk sebagai upaya peningkatan kesadaran penduduk dan kewajibannya untuk berperan serta dalam pelaksanaan Adminduk, data statistik kependudukan dan statistik peristiwa kependudukan.

Adanya dukungan terhadap perencanaan pembangunan sistem Adminduk guna meningkatkan pemberian layanan publik tanpa diskriminasi. Ini sesuai program #Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA), Tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan 10 program prioritas Pemkab Asahan.

“Sesuai UU No 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU No 23 tahun 2006 tentang Adminduk telah mengamanatkan agar Pemerintah mengambil peran aktif dalam pelayanan Adminduk,” kata Rahmanto.

Harapan

Kita berharap penduduk aktif untuk mengurus dokumen kependudukan. Disdukcapil selaku instansi pelaksana  juga harus aktif untuk memberikan pelayanan dengan mendekatkan pelayanan melalui pelayanan keliling (jemput bola), pelayanan dokumen kependudukan ke desa-desa, sekolah, rumah sakit dan lainnya.

“Pendekatan pelayanan tersebut merupakan salah satu bentuk dalam memberikan pelayanan yang mudah cepat dan gratis sesuai slogan dari pelayanan Adminduk. Pelayanan yang mudah, cepat dan gratis diharapkan bukan hanya sekedar slogan. Tapi harus diupayakan untuk diwujudkan di setiap pelayanan dokumen kependudukan di Kab/Kota khususnya di Asahan,” kata Rahmanto.

Pelayanan dokumen kependudukan merupakan salah satu urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah. Namun sampai saat ini pelayanan dokumen kependudukan masih dianggap kurang baik oleh masyarakat. Meskipun terkadang kesalahan bukan pada Disdukcapil.

Rahmanto mengatakan upaya peningkatkan kualitas pelayanan Adminduk yang salah satunya dengan penanganan dan pengelolaan pengaduan masyarakat yang baik. Demi mewujudkan visi misi ‘Sejahtera, religius dan berkarakter’ serta mendukung 10 program prioritas Pemkab Asahan.

Rahmanto mengatakan masyarakat yang menginginkan informasi dan komplen terhadap pelayanan Adminduk dapat dilayani dan terselesaikan dengan baik melalui pelayanan pengaduan masyarakat. Kita berharap pelayanan yang membahagiakan masyarakat terwujud dengan baik dan tepat sasaran.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment